Sabtu, 08 Oktober 2011

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-1

TUGAS KELOMPOK PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)

 ASTI NUR DAMAYANTI           21211270
 ERIZKA ENZIA                      22211461
 HENI ASTUTI                        23211311
 NADYA SOALAGOGO             25211081
 OKTAVIA RAHMI                    25211450

 KELAS :  1EB20





1.    JELASKAN APA YG DI MAKSUD BISNIS MENURUT ANDA DAN KENAPA BISA DEMIKIAN !
2.    CERITAKAN SEJAK KAPAN BISNIS ITU MUNCUL!
3.    BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING2 ALASAN!
4.    APA YG DIMAKSUD FAKTOR PRODUKSI , SIAPA YG MEMPERGUNAKAN COBA JELASKAN!
5.  SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN BERIKAN ALASAN MENGAPA       FAKTOR INTERNAL  LANGSUNG MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN!

JAWABAN
1. Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang  terorganisir   serta bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan. Karena, didalamnya  dilakukan proses jual beli barang atau jasa dengan kesepakatan antar relasi yang  memiliki hubungan timbal balik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Bisnis dimulai sejak zaman dahulu pada suatu mesyarakat primitif  semenjak dari mulanya perekonomian masih menggunakan sistem barter hingga saat ini yang sudah menggunakan sistem jual/beli suatu transaksi dengan menggunakan satuan alat hitung uang.
3.  Belajar ilmu bisnis sangat bermanfaat untuk perekonomian kita, dengan belajar bisnis  kita bisa belajar bagaimana mengatur keuangan, kita  juga dapat belajar berorganisasi karena didalam bisnis kita belajar tentang cara berkomunikasi antar relasi, dan juga agar mengerti apa arti resiko. Dengan berbisnis kita dituntut untuk berani berinovasi pada bisnis yang kita jalankan.

4.  Faktor Produksi adalah sumber daya yang terdiri dari tanah, tenaga kerja, modal dan keahlian. Faktor produksi ini digunakan dalam sebuah proses produksi yang disediakan oleh Rumah Tangga Konsumen (RTK) yang diberikan ke Rumah Tangga Produsen (RTP) untuk diolah dan dirubah menjadi jasa faktor produksi yang terdiri dari sewa, upah, bunga, keuntungan.
http://www.google.co.id/imgres?q=siklus+ekonomi&hl=id&sa=G&gbv=2&biw=1366&bih=598&tbm=isch&tbnid=7o0bnyK-dmOgzM:&imgrefurl=http://warung-komunikasi.blogspot.com/2010/03/kerangka-dasar-proses-ekonomi-bag-1.html&docid=z0dyFZVq7UPEeM&w=683&h=384&ei=5B2QTtrCK8iUiQeC37jPDg&zoom=
 
5.    Faktor-faktor lingkungan internal yang mempengaruhi suatu perusahaan yaitu:
- Budaya dalam organisasi itu sendiri yang meliputi keyakinan bersama, nilai-nilai hidup yang dianut, norma-norma perilaku, serta asumsi asumsi implisit dan eksplisit yang dapat diterima.
- Karyawan dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang baik akan sangat  membantu dunia bisnis untuk maju.
- Pemegang saham dan dewan direksi. Dua bagian penting yang mengatur kegiatan  atau jalannya roda perusahaan publik  dimana para pemegang saham memiliki  kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang   dimilikinya sesuai dengan presentase saham yang dimiliki.

Dengan adanya faktor internal dalam suatu perusahaan, maka kegiatan usaha perusahaan dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan saling berkaitan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar