Selasa, 22 November 2011

Internet Marketing

Pada zaman sekarang ini dengan adanya media internet maka menjalankan bisnis menjadi semakin mengglobal. Bila biasanya memasarkan produk atau jasa secara offline yang biasa dilakukan di tempat usaha berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis, sekarang kita bisa menjual produk atau jasa di internet menggunakan website yang langsung boom, pasar menjadi lebih luas, pasar bisa menjangkau seluruh pasar indonesia langsung maupun yang lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Perbedaan bila berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila kita berjualan offline saja, maka calon pembeli dapat didapatkan dari orang-orang yang datang ke toko, tetapi dengan berjualan online maka kita bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet di manapun mereka berada yang membuka website kita.

Pemasaran Internet atau e-pemasaran (dalam bahasa Inggris : Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan WWW (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Internet marketing adalah sebuah ajang bisnis di dunia online. Artinya, memanfaatkan teknologi internet untuk  kepentingan bisnis. Seperti halnya di dunia offline (nyata), banyak orang yang melakukan bisnis seperti di pasar, mall, jalanan dsb. Begitu pun di dunia online, kegiatan bisnis bisa dilakukan yaitu dengan sebuah metode yang disebut internet marketing. 

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau (e-mail), periklanan lewat e-mail (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

Internet marketing sering juga di sebut Affiliate Program. Affiliate marketing adalah sebuah cara untuk menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjualnya. Orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang dipasarkan melalui internet disebut Affiliate Merchant. Adapun cara kerjanya, affiliate merchant bertindak seperti calo, yaitu perantara antara pembeli dan penjual. Jika ia berhasil mendatangkan pembeli dan terjadi transaksi, maka ia akan mendapatkan komisi sesuai dengan persentase yang disepakati dengan pihak penjual. Persentasenya pun bervariasi, mulai dari 5% sampai 75% tergantung harga barang yang dijual oleh si penjual. Media yang digunakan oleh Affiliate merchant untuk berbisnis adalah web atau blog. Kalau diibaratkan, web/blog itu bagaikan toko. Di sanalah tempat para penjual memajang barang dagangannya. Begitu pun dengan affiliate merchant, ia menawarkan produk-produknya melalui web atau blog. Adapun media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pembeli adalah menggunakan email. Mengenai pembayarannya, biasanya ada dua cara yang dapat di tempuh. Pertama, bisa dikirimkan melalui cek yang langsung dikirim lewat pos ke rumah pelaku bisnis online atau affiliate merchant. Kedua, bisa ditransfer langsung ke nomor rekening.

Internet Marketing memanglah tentang bisnis bagi hasil baik secara langsung atau tak langsung, baik kita punya produk sendiri atau berbisnis dengan produk orang lain, mau tak mau kita harus berbagi hasilnya. Orang yang tidak mau berbagi pasti gagal menjalankan internet marketing. Sekali kita berhasil menginstall mindset bisnis bagi hasil ke dalam otak kita, dan sanggup juga membawa mindset tersebut ke dalam ACTION maka selanjutnya kita akan sangat sulit untuk gagal dalam internet marketing. Tidak ada satupun bisnis yang tidak bagi hasil. Sering juga kita bahkan harus berbagi dulu walaupun belum ada hasil! Ketika kita membuat blog untuk menjalankan internet marketing, maka kita membeli domain dan hosting. Berhasil atau tidak bisnis internet marketing, kita sudah memberikan bagian uang pada tempat kita membeli domain dan hosting tersebut, bahkan kita bagi hasil lebih dulu.

Jurus yang paling jitu dan mudah serta gratis untuk keberhasilan internet marketing adalah sangat sederhana, yaitu jurus TERUS. Artinya terus belajar, terus mempraktekkan pelajaran internet marketing tersebut, terus berusaha, terus berinovasi, terus bersemangat, terus bersyukur dan sebagainya. Strategi internet marketing selalu bergerak maju, dan kita harus terus belajar agar tak tertinggal, atau terus bekerja sama dengan mereka-mereka yang giat belajar. Internet marketing tidak harus dikerjakan sendiri, kita bisa mengerjakannya bersama-sama, bersinergi dan saling melengkapi ketrampilan yang diperlukan. Ini juga jurus yang jitu. Jurus pandai bekerjasama dalam internet marketing. Jika saat ini internet marketing mulai bergerak ke website berbasis audio dan vidoe, maka terus mempelajari cara-cara presentasi dan menjual produk dan jasa dengan format audio dan video pun harus dilakukan.

Sumber : www.google.com
               www.wikipedia.org
              

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar