Sabtu, 12 November 2011

Tugas Pengantar Bisnis

TUGAS MINGGU 6
     Asti Nur Damayanti      (21211270)        
Erizka Enzia                     (22211461)
  Heni Astuti                       (23211311) 
Nadya Soalagogo         (25211081)
Oktavia Rahmi                 (25211450)
Kelas 1EB20

1.     JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
Perbedaan pasar dengan pemasaran :
Pemasaran adalah suatu kegiatan pemasaran untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan pasar merupakan tempat bertemunya penjual dengan pembeli yang melakukan aktivitas kegiatan tawar menawar dalam suatu usaha jual beli barang atau jasa untuk mencapai kesepakan bersama dan masing-masing dapat memperoleh tujuan dan keuntungan tertentu
2.  BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
Pasar Industri adalah semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau di pasok ke perusahaan lain.
Contohnya: - Pengusaha Mabel
-   Pengusaha Otomotif
-   Pabrik Benang
-   Jasa Perbankan
-   Jasa telekomunikasi (pasar layanan operator seluler)
Pasar penjual, terdiri dari semua perorangan dan organisasi yang membeli barang untuk dijual kembali atau disewakan dengan tujuan memperoleh laba.
Contohnya: - Membeli beberapa perangkat computer untuk kemudian disewakan (Rental/warnet)
-    Membuka toko sebagai agen kebutuhan rumah tangga, lalu di jual ke pedagang eceran
-    Membeli produksi garmen dari produsen dalam jumlah besar, lalu dijual dengan harga satuan
-    Membeli hasil tambak ikan untuk kemudian dijual kembali ke pedagang masakan rumahan
-    Membeli buah yang kemudian dijual dalam bentuk olahan buah seperti kripik buah, dll
3. APA  YG DIMAKSUD KONSEP  INTI  PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
4. SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
a.   Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
b.   Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
c.    3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
d.   4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
5.    SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN  
  •  Memaksimumkan Kepuasan Konsumen.
  •  Memaksimumkan Mutu Hidup.
  •  Memaksimasi nilai pelanggan.
  •  Memberikan kepuasan total pelanggan.
  •  Memaksimalkan nilai msa hidup pelanggan.
  •  Membentuk ikatan pelanggan yang kuat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar