Senin, 21 November 2011

Pengantar Bisnis

Tugas Minggu 9
Asti Nur Dmayanti (21211270)
Erizka Enzia          (22211461)
Heni Astuti             (23211311)
Nadya Soalagogo    (25211081)
Oktavia Rahmi        (25211450)
Kelas : 1EB20


1.   Manajemen keuangan adalah..
Sebutkan keputusan manajer keuangan itu apa saja serta kegiatan seorang manajer keuangan berkaitan dengan  erat dengan.. 
Jawab :
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan serta menggunakan dana seefektif dan seefisien mungkin untuk mencipta laba dan nilai tambah ekonomi (economic value added).
Ada 3 keputusan manajer keuangan yang berkaitan dengan kegiatan seorang manajer yaitu :
* Keputusan pembelanjaan (Financing)
* Keputusan Pembiayaan (Investasi)
* Kebijakan Deviden (Deviden Policy)
Kegiatan seorang Manajer Keuangan berkaitan erat dengan Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian, pengendalian Keuangan.
2.    Apa yang dimaksud dengan kapital budgeting? dan sebutkan metode perhitungannya!
 Jawab :
Capital budgeting merupakan keseluruhan proses pengumpulan, pengevaluasan, penyeleksian dan penentuan alternative penananman modal yang akan memberikan penghasilan bagi perusahaan untuk jangka waktu lebih dari satu tahun.
Metode perhitungan kapital budgeting antara lain :
1. Metode Average rate of return.
Perhitungan Average rate of return didasarkan atas jumlah keuntungan bersih sesudah pajak (EAT) yang tampak dalam laba rugi. Pengukuran denganteknik rate of return ini sering pula disebut degan istilah yang perhitunganya dilakukan sebagai berikut:
cara perhitungannya dengan jalan membagi dua jumalah Investasirata ± rata ini mengasumsikan bahwa perusahaan mengunakan metode depresiasigaris lurus dan nilai residua tau slvage value pada akhirumur ekonomis proyek.Dan dengan demikian nilai buku aktiva akan akan menurun pada nilai konstan,mulai dari nilai Investasi yang semula samapai dengn Rp 0pada akhir umur proyek.
Rata-rata Pengembalian = Rata-rata Pendapatan : Pengembalian rata-rata

2.Metode NET PRESENT VALUE
adalah selisih uang yang diterima dan uang yang dikeluarkan dengan memperhatikan time value of money. Gunakan rumus time value of money yang present value untuk mengetahui nilai uang saat ini. Oleh karena uang tersebut akan diterima di masa depan, kita harus mengetahui berapa nilainya jika kita terima sekarang. Jika selisihnya positif maka bisnis tersebut diterima. Jika negative, bisnis tersebut tidak layak. Jika 0, bisnis tetap dijalankan jika bisnis tersebut digunakan untuk kepentingan public. NPV semakin besar semakin layak. Untuk independent projects pilih yang positif. Untuk mutually eksklusif pilih yang positifnya paling besar.
3. Metode Internal Rate of Return.
INTERNAL RATE OF RETURN adalah adopsi dari NPV. Satuannya menggunakan %. Tingkat bunga dimana arus kas masuk yang sudah di-presentvaluekan = Initial Investment-nya. IRR > K diterima, IRR <>
4. DISCOUNTED PAYBACK PERIOD
Sama seperti payback period tapi arus kas yang digunakan sudah dikalikan dengan tingkat bunga. Dibuat untuk mengatasi kelemahan payback period.
Discounted Payback Period
*DCF Discounted Cash Flow didapat dari cash inflow yang sudah di-presentvaluekan dengan inflasi 10%. Bisa menggunakan table TMV atau rumus untuk mencari present value.
DPP; modal baru kembali pada tahun ke-6. Investasi tidak layak karena PP dan DPP lebih lama dari yang diharapkan.
5. PAYBACK PERIOD
Dalam melakukan suatu usaha maka kita pun harus mengetahui waktu yang diperlukan agar investasi/modal usaha kita kembali. Untuk mengetahui waktu yang diperlukan. Semakin cepat dari harapan semakin layak. Jika kita berharap balik modal dalam waktu 1 tahun dan ternyata menurut payback period kita sudah balik modal dalam waktu 9 bulan, maka bisnis / investasi / proyek itu layak dijalankan.
Kelebihan dari Metode Payback Period adalah :
1.   Paling mudah perhitungannya
2.   Cocok untuk evaluasi proyek-proyek kecil.
Kekurangan dari Payback Period :
1.   Tidak memperhatikan time value of money
2.   Tidak memperhatikan cash inflow setelah initial investmen kembali.
3.   Berikan alasan mengapa manajer  keuangan mencari dana. 
Jawab :
  Alasan dari manager keuangan mencari dana adalah ;
  • Memperoleh modal untuk perusahaan 
  • Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan . 
  • Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
  • Memaksimalisasi nilai perusahaan, dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar